Selasa, 20 Maret 2012

Kesehatan mental


Kesehatan mental adalah kondisi yang terdapat di dalam diri seseorang dimana ia merasa nyaman dan aman berada di tempat tersebut, sehingga terjadilah keselarasan dalam mengembangkan fungsi jiwa dan fungsi  masing-masing anggota tubuhnya. Orang yang tergolong sehat mentalnya adalah orang yang terhindar dari penyakit jiwa dan dapat mengembangkan seluruh potensinya agar mencapai keselarasan fungsi jiwa.
Namun , di samping itu tidak semua orang memilik mental yang sehat. Ada juga orang yang mengalami kurang sehat mental dengan gejala berikut ini :
Orang yang kurang sehat mentalnya selalu merasa gelisah, iri hati, sedih, rendah diri dan merasa tidak mampu dalam menyelesaikan semua masalah yang ada. Pikiran  pun akan dipengaruhi oleh hal tersebut, misalkan di dalam melakukan sesuatu, atau mengerjakan pekerjaan sering tidak konsentrasi, menjadi pemalas dan pelupa. Selain itu, orang yang mengalami kurang sehat mental sering bersikap serta bertingkah laku yang tidak menyenangkan bagi orang yang berada di sekitarnya, seperti mudah marah, senang melihat orang lain menderita, menyiksa orang lain, dan sebagainya.
                Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan mental seseorang, diantaranya :
1. Faktor internal, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri seseorang, mencakup bakat dan sifat yang terletak pada dirinya, sehingga setiap orang akan memiliki bakat dan sifat yang berbeda-beda.
Contoh : A memiliki bakat di bidang musik lalu B di bidang olahraga. A memiliki sifat yang ramah kepada semua orang, sedangkan B memiliki sifat yang cuek serta kurang peduli.
2. Faktor eksternal, yaitu faktor yang berasal dari luar diri seseorang, seperti hubungan orang-orang yang berada di sekitar, terutama keluarga serta bagaimana seseorang berinteraksi dengan orang lain, seperti teman-teman. Selain itu juga ada faktor agama, pendidikan. Contohnya saja kalau kita bersungguh-sungguh mempelajari agama kita lebih dalam lagi, kemungkinan kita tidak akan melakukan hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar